Pada saat ini dibidang komputasi modern telah sangat membantu banyak diberbagai bidang terutama pada bidang kimia yang telah mendapatkan banyak penghargaan yang membanggakan. Dengan komputasi modern banyak masalah yang dahulu sulit diselesaikan, kini dengan mudahnya dapat diselesaikan dengan akurasi yang tinggi, semisal perhitungan kalori, perhitungan perpindahan energi dan geometri, perhitungan transisi molekul kompleks, dan masih banyak lagi oleh karena itu tidak dapat diragukan lagi keberhasilan komputasi modern pada bidang kima.
Dalam perjalanan hidupnya Lionel Saleem dan penulis mengembangkan perhitungan iklim secara saintifik dengan menggunakan konsep komputasi modern yang membuat perhitungan memungkinkan untuk dilakukan. Selain itu mereka juga mengembangkan model orbit molekul sederhana. Dari hal ini dapat dilihat bahwa kemampan komputasi modern telah mengubah sesuatu yang sulit aau bahkan hanya diangan-angan sekarang menjadi kenyataan untuk melakukannya. Seperti apa yang dikemukakan oleh Lionel Saleem yang telah membuat senjata berat dari perhitungan kimia, dengan komputasi modern dapat disimulasikan sehingga Lionel Saleem mengganti molekul organik menjadi molekul anorganik agar perhitungan memungkinkan dilakukan.
Keinginan penulis melakukan obsevasi mengenai komputasi quantum pada bidang kimia yang pengaruhi oleh prejudis penulis. Dimana dengan komputasi quantum pada bidang kimia setiap molekul yang ada dapat diperhitungkan/dapat dikalkulasikan tanpa optimisasi geometri. Dengan banyaknya teori-teori yang ada dan ditambah dengan komputasi modern membuat banyak ilmuan saat ini terpacu untuk membuat berbagai macam pengembangan atau observasi baru untuk menghasilkan sesuatu yang baru atau menyempurnakan apa yang telah ada pada saat ini. Atau mungkin tidak untuk menemukan sesuatu yang baru, tetapi untuk menegaskan apa yang telah ada dengan cara melakukan simulasi pada suatu teori.
Pada bidang kimia contohnya adalah reaksi kimia, yaitu sekarang banyak software-software yang dikembangan dengan menggunakan prinsip-prinsip komputasi modern yaitu salah satunya adalah software perhitungan reaksi kimia, perhitungan perpindahan energi pada molekul, gerakan molekul-molekul pada suatu benda, hal ini dahulu tidak mungkin utuk dilakukan tetapi hanya diketahui/dipahami berdasarkan teori-teori saja yang tentu saja menyulitkan untuk dipahami, tetapi dengan adanya komputasi modern semua teori-teori tersebut jadi mudah untuk dipahami sehingga mempermudah penyaluran ilmu pengetahuan pada generasi penerus.
Saya berharap dengan komputasi modern dapat mengubah semua yang tidak mungkin menjadi mungkin untuk dilakukan oleh manusia, tidak hanya pada bidang kimia saja, tetapi pada semua bidang ilmu pegetahuan yang ada dimuka bumi. Kita selaku manusia berusaha untuk menemukan sesuatu yang baru dengan melakukan ujicoba-ujicoba yang prinsip dasarnya berasal dari Tuhan, kemudian kita buat tiruannya dengan kemampuan berfikir manusia. Kita mengembangkan berbagai teknologi untuk kelangsungan hidup manusia di dunia ini. Semoga semua yang telah dibuat bermanfaat tidak hanya bagi manusia tetapi juga semua makhluk hidup yang ada di bumi. Manusia hanya berusaha dan Tuhanlah yang menentukan segalanya.
Diposting oleh Feri Ugalz

0 komentar:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates