Penggunaaan sistem terdistribusi pada suatu jaringan komputer membutuhkan agen berbasis mobile. Penggunaan sistem terdistribusi mempersingkat watu pengerjaan suatu proses, terlebih lagi pada masalah penggunaan sistem informasi pada masa ini. Informasi begitu vital dan begitu penting sehingga keberadaannya sangat dibutuhkan saat dibutuhkan kapanpun dan dimanapun. Penggunaan suatu komputer yang ditempatkan terpusat dirasakan pada saat ini sangat kurang mumpuni walaupun kecepatan komputer tersebut diarasakan super cepat untuk masa ini. Penggunaan sistem terdistribusi mempersingkat waktu dan memperluas area layanan suatu pelayanan, meskipun perangkat-perangkat yang digunakan mempunyai kecepatan yang biasa-biasa saja.
            Penggunaan sistem terdistribusi pada sistem informasi mempunyai konsep yang sama dengan pemrograman paralel/pemrosesan paralel.   Seperti apa yang diungkapkan penulis dalam komputasi terdistribusi dapat dimanfaatkan sebagai solusi dalam integrasi dan komunikasi daya industri energi (Zhang dkk,2003) sistem multi agen dapat digunakan sebagai distributed satellite system yang bekerja secara autonom yang menyelesaikan berbagai misi kompleks ruang angkasa, melihat dari hal tersebut penggunaan sistem terdistribusi sudah berupa kebutuhan untuk saat ini dan kedepan, dimana sistem terdistribusi ini mampu bekerja secara autonom sehingga dapat megurangi beban sistem yang ada dipusat yang mempunyai dampak positif terhadap sistem pelayanan dalam hal efisiensi, cost, delay time, dan lain-lain.
            Contoh penggunaan sistem terdistribusi salah satunya diterapkan pada jaringan internet, yaitu ditandai dengan penggunaan router. Router sebagai alat autonom yang mampu mengenali kondisi lalulintas data didaerahnya, sehingga dengan kemampuan ini router mampu mendistribusikan paket data melalui jalur-jalur yang efektif dengan cara mengarahkan paket data pada jalur yang lalulintasnya lebih lancar. Apa jadinya jika router tidak dapat mengendalikan distribusi data yang melintas kepadanya, maka akan terjadi overload pada suatu jalur yang memungkinkan akan terjadinya deadlock pada jalur tersebut sehingga paket data datang dengan waktu yang lebih lama atau bahkan tidak pernah datang. Pada sistem telekomunikasi juga sudah menerapkan konsep mobilitas agen cerdas meskipun adakalanya terdapat delay yang begitu lama dalam mengirimkan suatu pesan singkat(sms), mungkin disebabkan oleh kurangnya agen-agen mobile yang ditempatkan didaerah-daerah tertentu yang padat lalulintas datanya.
            Pada initinya adalah penggunaan sistem terdistrbusi dapat mempercepat suatu proses dan memperluas jangkauan suatu sistem yang berarti semakin banyak user yang dapat ditampung oleh suatu sistem.  Pada saat ini jalur komunikasi data, termasuk jaringan internet/ jaringan selular telah menggunakan sistem terdistribusi, mungkin kedepan tidak hanya komunikasi data saja yang menggunakan sistem terdistribusi, kita harapkan hampir semua aspek yang menunjang aktivitas manusia menerapkan konsep mobile agen cerdas sistem terdistribusi sehingga dapat mempermudah manusia dalam menjalani kehidupannya untuk saat ini dan masa depan.




Diposting oleh Feri Ugalz

0 komentar:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates