Semakin berkembangnya jaman berkembang pula semua yang ada didalamnya, dari mulai transportasi, kedokteran, sampai komunikasi pun ikut berkembang seiring berjalannya waktu. jika dahulu manusia pernah menggunakan semaphore, morse, telegram hingga sekarang seperti telepon, pager, ponsel, hingga komputer dengan internetnya. banyak pula jenis-jenis teknolgi komunikasi yang dilahirkan dari komputer mulai dari email, chatting, video streaming, hingga kini ditemukannya voip. voip (Voice Over Internet Protcol) merupakan istilah umum untuk teknologi transmisi pengiriman komunikasi suara melalui jaringan internet protocol. melalui voip data ditransmisikan dengan audio codec melalui jaringan internet. dimana sekarang jaringan internet sudah merambah semua lapisan masyarakat dari yang paling atas sampai yang paling bawah karena seiring perkembangan teknologi biaya untuk komunikasi pun semakin murah, inilah cikal bakal menuju bangsa yang modern dan maju yaitu kemudahan dalam memberikan informasi. 

         Sekarang pun voip benar-benar bisa dikatakan gratis alat komunikasi yang digunakan selain komputer tentunya yaitu ponsel baik yang berbasis CDMA maupun GSM terkoneksi dengan baik melalui wireless (GPRS, CDMA, 3G, wifi) dan tentunya sama-sama menggunakan accunt voip misal account voip rakyat ataupun yahoo mesengger.

          Bukan berarti tanpa halangan maupun rintangan, teknologi ini sangat diperdebatkan pada kalangan atas karena jika teknologi ini dilepas secara bebas maka semua penyedia jasa komunikasi yang ada pada saat ini akan collaps atau gulung tikar dan menyebabkan bertambahnya jumlah pengangguran di negara ini karena mereka kalah bersaing dengan teknlgi voip yang bisa dikatakan sangat murah, kecuali bagi mereka perusahaan-perusahaan yang memang berkecimpung dalam teknologi voip.


Selain masalah secara nonteknis yang tadi disebutkan masalah teknis dari voip itu sendiri yaitu kualitas suara yang dihasilkan karena menggunakan internet protokol maka kualitas suara tergantung dengan koneksi yang ada.

Hingga kini, jika kita melakukan telepon VoIP ke nomor telepon seluler biasa atau ke nomor telepon tetap belum gratis. Namun, setidaknya beberapa provider sudah mengembangkan dengan harga relatif lebih murah atau gratis, tetapi dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Misalnya,  melakukan berbagai kegiatan berbasis web bagi pengguna voip untuk meramaikan suatu situs jaringan pertemanan.

Selain itu yang tak dipikirkan oleh banyak orang, operator VoIP kini menyebar diberbagai tempat demi melebarkan sayap dengan tujuan membangun komunitas online. Beberapa provider pun telah menggunakan daya tarik VoIP untuk menarik pengunjung. Beberapa situs besar yang sudah menggunakan voip  adalah Skype, VoipCheap, Gizmo, Windows Live Messenger, Yahoo! Voice, WengoPhone, Google Talk, Jajah, dan banyak lagi. Dengan mudah bisa dicari dengan menggunakan mesin pencari, misalnya dengan mengetikkan kata kunci "free voip".

Sebenarnya bagi masyarakat adalah dibutuhkan suatu komunikasi untuk jarak jauh yang terjangkau, mudah diakses. mudah-mudahan kedepan pemerintah membuat undang-undang mengenai peraturan komunikasi berbasis voip yang terjangkau. Kita juga mengetahui bahwa banyak perusahaan telekomunikasi yang sangat terganggu dengan teknologi murah yang ditawarkan oleh voip karena jika perusahaan-perusahaan tersebut gulung tikar bukannya kegiatan ekonomi bangsa kita yang maju malahan akan semakin terpuruk karena jumlah pengangguran meningkat karena para pekerja diperusahaan komunikasi saat ini tidak sedikit jumlahnya.

Memang berat tugas pemerintah dan alangkah baiknya kita sama-sama berusaha untuk meningkatkan kemampuan dirikita untuk bangsa ini baik secara langsung maupun tidak langsung. dan harapan kita semua adalah terjadinya suasana yang aman dan nyaman dalam kehidupan terutama dalam teknologi komunikasi yang terjangkau.





 
Diposting oleh Feri Ugalz

0 komentar:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates